Custom Search

Kamis, 25 Agustus 2011

Sambut Ramadan, Warga Yogya Lakukan Padusan

Kamis, 25 Agustus 2011
Yogyakarta - Ratusan warga Yogyakarta dan sekitarnya melakukan padusan untuk menyambut datangnya bulan puasa. Tradisi padusan tersebut dilakukan sehari sebelum tanggal 1 Ramadan.

Acara padusan biasanya dilakukan di sumber mata air/ umbul maupun di sungai-sungai yang jernih airnya. Di Yogyakarta, acara padusan hari ini, Minggu (31/7/2011) antara lain dilakukan di Umbul Lanang Dusun Wonosari Desa Wedomartani dan Umbul Joho Lanang, Desa Sindumartani Kecamatan Ngemplak Sleman. Sedangkan di wilayah Klaten di antaranya dilakukan di umbul Gedaren dan Umbul, Ngingas, Jatinom.

Di tempat itu, sejak pagi hingga siang hari sudah dipenuhi ratusan anak-anak yang melakukan padusan. Sedangkan orang tua dan dewasa membersihkan berbagai perlengkapan ibadah seperti sajadah, tikar, karpet, sarung dan mukena.

Di beberapa mata air yang digunakan untuk padusan, warga tidak menarik biaya. Masyarakat yang datang hanya diminta memberikan sumbangan sukarela untuk kampung dan masjid setempat. Warga yang datang sebagian besar hanya mengisi kotak sumbangan sebesar Rp 1.000. Namun bila hendak menyewa ban untuk berenang warga diharuskan membayar Rp 1.000.

Saat padusan berlangsung, di tempat itu juga dipenuhi warga sekitar yang berdagang. Mereka menangkap momen tersebut untuk berdagang makanan dan minuman, misalnya saja bakso dan jagung bakar, sehingga dapat menambah penghasilan keluarga.

Suradal, warga Umbul Lanang kepada detikcom mengungkapkan mata air Umbul Lanang sampai saat ini masih mengeluarkan air cukup banyak. Setiap hari warga memanfaatkan mata air tersebut untuk mandi dan mencuci pakaian. Namun saat padusan tiba, banyak warga luar desa yang datang untuk padusan.

"Makna padusan itu sebagai ungkapan umat islam terutama di Jawa untuk membersihkan badan secara lahiriah sebelum datangnya bulan puasa," kata Suradal.

Bagus Kurniawan - detikRamadan

Untuk pemesanan PRODUK CNI segera hubungi:
AGEN RESMI PRODUK CNI

Jl. Teratai RT 10, RW 04, Bligo, Candi, Sidoarjo, JAWA TIMUR 61271, Telp. 031-70520708, 031-8068858, HP. 08155064444, 085731997300 Untuk pesan Produk bisa Transfer ke BCA No. Rek: 018.33.222.38 Atas nama: ANDY SUBANDONO (kami SIAP melayani pengiriman seluruh wilayah Indonesia dengan ditambah ongkos kirim)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar Isi Artikel CNI Online

 
CNI Online © 2008. Design by Pocket